cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pangkajene kepulauan,
Sulawesi selatan
INDONESIA
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 25496700     EISSN : 25496719     DOI : -
Core Subject : Education,
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September dengan proses peer-review dan open access. Memiliki p-ISSN: 2549-6700 dan e-ISSN:2549-6719 , diterbitkan oleh Program Studi pendidikan matematika STKIP Andi Mattappa Pangkep. HISTOGRAM Berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, praktisi dan pengkaji dalam disiplin ilmu pendidikan matematika terutama pada pengembangan model pembelajaran dan pengembangan perangkat serta istrument pembelajaran matematika
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2018): Histogram" : 4 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Nugroho, Heri
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2018): Histogram
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.051 KB) | DOI: 10.31100/histogram.v2i1.112

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar matematika pada materi teorema Pythagoras. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tuntang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh siswa kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen dan VIIIG sebagai kelas kontrol. Uji beda rerata kemampuan awal siswa dengan menggunakan uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi 0,851 (lebih dari 0,05), artinya kondisi awal kedua kelas seimbang. Hasil uji beda rata-rata mengahasilkan nilai signifikansi sebesar 0,024 (kurang dari 0,05). Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata kedua kelas, maka disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar matematika bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tuntang.
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS APOS Agustina, Nada
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2018): Histogram
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.363 KB) | DOI: 10.31100/histogram.v2i1.34

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa SMP pada materi persamaan garis lurus dalam pembelajaran berbasis APOS di SMP Negeri 1 Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara terhadap 4 subjek dan diperoleh informasi yang lebih mendalam. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa pada tahapan-tahapan APOS (action, process, object, dan schema) pada materi Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Palembang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017 yaitu cenderung baik. Dari hasil analisis kemampuan pemahaman konsep per-indikator, ada satu indikator yang sering muncul yaitu indikator kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep, dan ada satu indikator yang paling sedikit muncul yaitu indikator kemampuan mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah. Hal ini dikarenakan untuk mencapai indikator tersebut diperlukan pemahaman secara menyuluruh dari indikator yang lain, serta diperlukan kemampuan aktivitas prosedural dan konseptual.Kata-kata kunci: Pemahaman konsep, Teori APOS.
PENGARUH MINAT DAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA Arifin, Sadriwanti
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2018): Histogram
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.434 KB) | DOI: 10.31100/histogram.v2i1.121

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex – post facto yang bersifat koresional.Masalah yang diselidiki dalam penelitian ini adalahketerkaitan variabel minat dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika.Data dikumpulkan diolah dengan menggunakan analisis statistik “SPSS dan Minitab”. Hasil analisis menunjukkan bahwa minat belajar matematika diperoleh skor rata-rata 73,14 dari skor ideal 125 dengan standar deviasi 13,613. Kreativitas belajar matematika dengan skor rata-rata 63,35 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 7,183 dan hasil belajar matematika dengan skor rata-rata 15,73 dari skor ideal 25 dengan standar deviasi 2,933. Selanjutnya pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linear ganda diperoleh kesimpulan bahwa (1) minat belajar matematika mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA (2) kreativitas belajar matematika tidak mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA (3) minat belajar dan kreativitas belajar matematika secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa
Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Cipp Evaluation Model Pada Siswa Kelas VIIB Maha Putra Tello Makassar Jusmiana, Andi
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2018): Histogram
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.145 KB) | DOI: 10.31100/histogram.v2i1.122

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan CIPP Evaluation Model pada Siswa Kelas VIIB SMP Maha Putra Tello. Makassar dengan permasalahan 1) Bagaimana gambaran hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan CIPP Evaluation model. 2) Bagaimana gambaran hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan CIPP evaluation model. 3) Bagaimana gambaran peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan CIPP evaluation model. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan Subjek penelitian adalah kelas VIIB SMP Maha Putra Tello Makassar dengan jumlah siswa 21 orang. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan observasi dan tes. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data hasil evaluasi konteks dan proses diolah secara kualitatif dan data hasil evaluasi input dan produk diolah secara kuantitatif yaitu menggunakan statistik deskriptif. Hasil yang dicapai setelah penerapan CIPP evaluation model, pada siklus I rata-rata skor hasil belajar siswa sebesar 64,40   berada pada kategori rendah, pada siklus II, 77,05 berada  pada kategori tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran CIPP Evaluation model maka hasil belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Maha Putra Tello Makassar mengalami peningkatan.    

Page 1 of 1 | Total Record : 4